Kunjungan dan Studi Lapangan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Janabadra ke Laboratorium Forensik Polda Jawa Tengah
Sebagai bagian dari upaya meningkatkan pemahaman praktis dalam bidang hukum, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Janabadra (UJB) melaksanakan kunjungan ke Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Tengah yang beralamat di Komplek Akpol, Jl. Sultan Agung, Candi Baru, Semarang. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2024 oleh mahasiswa peminatan hukum pidana dengan didampingi oleh dosen pembimbing yaitu JS. Murdomo, S.H., M.Hum dan Dr. Suryawan Raharjo, S.H., LLM. Laboratorium forensik merupakan garda depan dalam memastikan akurasi bukti ilmiah dalam kasus hukum. Kegiatan ini tidak hanya memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang ilmu forensik, tetapi juga menginspirasi minat para mahasiswa untuk mendalami bidang ini lebih lanjut. Bidang- bidang yang terdapat di laboratorium forensik cabang Semarang yaitu Bidang Dokumen dan Uang Palsu Forensik, Bidang Balistik dan Metalurgi Forensik, Bidang Fisika dan Komputer Forensik, serta Bidang Narkotika, Psikotropika dan Obat Berbahaya Forensik.
Dengan mengikuti kunjungan ini, mahasiswa akan mendapatkan manfaat pengetahuan diantaranya melihat secara langsung berbagai jenis peralatan yang digunakan dalam proses forensik, memahami prosedur kerja mulai dari tahap persiapan sampel hingga menghasilkan hasil akhir, selain itu mahasiswa dapat berinteraksi langsung dengan para ahli forensik sehingga dapat melihat bagaimana teori yang dipalajari di kelas diterapkan dalam kehidupan nyata. Kunjungan ke Laboratorium Forensik Polda Jawa Tengah merupakan pengalaman yang berharga bagi mahasiswa. Kegiatan ini dapat memberikan inspirasi, pengetahuan, dan pengalaman yang berharga untuk masa depan mereka. Kunjungan ini diharapkan dapat memotivasi mahasiswa untuk mendalami aspek teknis dalam hukum dan mempersiapkan diri menjadi praktisi yang kompeten di bidangnya. Fakultas Hukum Universitas Janabadra berkomitmen untuk terus mengadakan program kunjungan lapangan sebagai bagian dari strategi pembelajaran berbasis pengalaman.